Belajar Menyuntik sendiri untuk IVF

Suntikan untuk program IVF dilakukan di perut menggunakan teknik subcutant (yaitu suntikan di area lemak- nah suntikan yg disarankan adalah 2 jari dari pusar). 
Dari awal ivf saya termasuk yg nekat suntik sejak dari pertama program. Susternya juga selalu bilang "gampang koq bu'"  jadinya dimanapun programnya jakarta atau surabaya ga perlu bolak-balik ke klinik. Biasanya saya beli resep suntikan cukup untuk sampai kontrol di hari berikutnya. Ditambah nilai plus-plus yg saya dapat dr menyuntik sendiri adalah bekasnya ngga terlampau lebam dan saya tahu dengan yakin seberapa cepat push obatnya masuk ke perut. Ga kebayang klo obatnya perih kaya Lovenox trus disuntikin orang. Klo suntik sendiri bisa dinikmatin merem melek hingga tetes terakhir. 
Tapi klo memang mau disuntikin suster ya gpp juga cuma butuh duit extra ya kayanya ekstra buat transport atau uang tips. Atau cara lain biar irit pak suami aja diajarin nyuntik.
Segini nih suntikan yg ud masuk ke perut saya selama program (keep counting * belum semuanya ituuh krn skrng juga masih jalan lovenox hehehe) :

Karena sudah malang melintang di dunia suntik menyuntik saya mau kasi tips tips ringan :
1. Cuci tangan yg bersih. 5 menit sebelum suntikan dimulai keluarkan obat dr kulkas.
2. Racik obat sesuai petunjuk suster (jangan lupa hilangkan udaranya dulu yaaa). 
3. Olesi dgn kaps alkohol di lokasinyg akan disuntik (2 jari dibawah pusar) Biarkan mengering sebentar.
4.Cubit area yg akan disuntik untuk memastikan lemak mengumpul di daerah yg akan disuntik.
5. Masukkan jarum jangan ragu tajam koq. Begitu jarum masuk dilapisannpertama memasukkan sisanya lebih mudah dan lancar biasanya. Saya biasanya menghabiskan sampai pangkal terakhir sampai jarum ga kelihatan barulah lanjut push obatnya.
*semisal tumpul dia ga akan masuk. Sy pernah kejadian jarumnya sampai melengkung saya langsung ganti spuit.

Tetap semangat yaa programnya Jangan kasi kendor, jangan takut sama jarum Suntik #janganmenyerahbunda

warning : 
pernah juga sih ada kejadian2 khusus kaya jarumnya ngga nembus hehe jangan ragu diganti aja spuitnya kadang memang ada defect tp mungkin prosentasenya kecil saya saja yg apes.


Komentar

Postingan Populer