Langsung ke konten utama

Belajar Menyuntik sendiri untuk IVF

Suntikan untuk program IVF dilakukan di perut menggunakan teknik subcutant (yaitu suntikan di area lemak- nah suntikan yg disarankan adalah 2 jari dari pusar). 
Dari awal ivf saya termasuk yg nekat suntik sejak dari pertama program. Susternya juga selalu bilang "gampang koq bu'"  jadinya dimanapun programnya jakarta atau surabaya ga perlu bolak-balik ke klinik. Biasanya saya beli resep suntikan cukup untuk sampai kontrol di hari berikutnya. Ditambah nilai plus-plus yg saya dapat dr menyuntik sendiri adalah bekasnya ngga terlampau lebam dan saya tahu dengan yakin seberapa cepat push obatnya masuk ke perut. Ga kebayang klo obatnya perih kaya Lovenox trus disuntikin orang. Klo suntik sendiri bisa dinikmatin merem melek hingga tetes terakhir. 
Tapi klo memang mau disuntikin suster ya gpp juga cuma butuh duit extra ya kayanya ekstra buat transport atau uang tips. Atau cara lain biar irit pak suami aja diajarin nyuntik.
Segini nih suntikan yg ud masuk ke perut saya selama program (keep counting * belum semuanya ituuh krn skrng juga masih jalan lovenox hehehe) :

Karena sudah malang melintang di dunia suntik menyuntik saya mau kasi tips tips ringan :
1. Cuci tangan yg bersih. 5 menit sebelum suntikan dimulai keluarkan obat dr kulkas.
2. Racik obat sesuai petunjuk suster (jangan lupa hilangkan udaranya dulu yaaa). 
3. Olesi dgn kaps alkohol di lokasinyg akan disuntik (2 jari dibawah pusar) Biarkan mengering sebentar.
4.Cubit area yg akan disuntik untuk memastikan lemak mengumpul di daerah yg akan disuntik.
5. Masukkan jarum jangan ragu tajam koq. Begitu jarum masuk dilapisannpertama memasukkan sisanya lebih mudah dan lancar biasanya. Saya biasanya menghabiskan sampai pangkal terakhir sampai jarum ga kelihatan barulah lanjut push obatnya.
*semisal tumpul dia ga akan masuk. Sy pernah kejadian jarumnya sampai melengkung saya langsung ganti spuit.

Tetap semangat yaa programnya Jangan kasi kendor, jangan takut sama jarum Suntik #janganmenyerahbunda

warning : 
pernah juga sih ada kejadian2 khusus kaya jarumnya ngga nembus hehe jangan ragu diganti aja spuitnya kadang memang ada defect tp mungkin prosentasenya kecil saya saja yg apes.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Biaya Klinik Bayi Tabung IVF RS Bunda vs RS Ferina

Sebagai seseorang yang berpengalaman dalam kegagalan program IVF (kaya bangga yaa aslinya T_T). Saya diminta review Biaya  perbandingan Biaya Klinik antara RS Bunda vs Ferina yang sebenarnya ngga apple to apple karena Bunda program saya lakukan di 2016 sementara ferina dilakukan di 2017.
Ada perbedaan biaya yang lumayan yaa sebesar 8 juta 165 rb rupiah lebih murah Ferina padahal bayi tabung di Ferina baru aja dilakukan, ngga kebayang biaya bayi tabung di jakarta Bunda Morula berapa yaa sekarang.
di Ferina ngga ada yg namanya booking fee program, dan untuk biaya suntikan tergantng dosis yg diberikan oleh dokter. Kondisi kesehatan dan umur mempengaruhi dosis yg diberikan untuk suntikan. Suntikan yg biasa digunakan adalah : menophur, gonal, pregoveris.
keefektifannya cenderung sama pemirsa tidak ada yg menjamin 100% keberhasilan semua tergantung kualitas embrio.

Decoupage teknik.

Dear all kali ini akan kita mulai dengan teknik kreasi baru membuat decoupage yang dijamin mudah banged cara bikinnya.  (Ket gambar: cat decoupage, varnish, lem, kuas buat ngecat dan buat ngelem & pernis)
Yang dibutuhkan: 1. Lem decoupage cth: mod podge 2. Kertas/tisu yg mau di decoupage. Tricknya biar lebih murah meriah bisa ambil ilustrasi dari majalah atau download dr internet kemudian di print laser. Kertasnya sih hvs aja. 3. Pernish dan cat (untuk cat kali bisa pilih yg backgroundnya sama kaya gambar untuk menghindari garis, jadi seolah-olah lukisan). 4. Media yang mau di decoupage. Bisa kaleng, botol, ataupun kayu.
Langkah-langkah pengerjaan : 1. Cat permukaan yg akan di decoupage.  2. Lem area yg akan di decoupage, apabila areanya luas, lem area yg mau ditempeli mulai dari ujung lem br tempel, lem lg tempel lg sampai gambar tertempel semua. 3. Setelah agak kering apply lem decoupage lagi di atas permukaan gambar. 4. Tunggu hingga benar-benar kering. Lalu apply varnish. 5. Kering varnis…

IVF (in Vitro fertilization) aka Bayi Tabung

Sejak 3 tahun menikah saya sudah secara intensif ke dokter untuk menjalani program Hamil. Mulai dari obat-obat lalu dilanjutkan dengan IVF.
IVF #1 tahun 2013(ICSI *satu sperma disuntikkan ke dalam satu sel telur agar terjadi pembuahan - HARAPAN KITA)
 dokter memberikan suntikan Menophur dihasilkan 6 telur dan ternyata hanya 1 embrio yg berhasil lolos dengan kualitas Moderate (pembelahan sel 7). hasilnya gagal.

IVF #2 tahun 2014 (ICSI-SILOAM HOSPITAL)

Dokter memberikan suntikan Gonal F dihasilkan 8 telur dan ternyata 3 embrio kualitas bagus (tidak dengan detail diinfokan pembelahan selnya pada saat itu.Setelah 2 minggu menunggu test BHCG menunjukkan 23.75 positif tp sangat rendah. Kami berdua down sekali krn ngga sangka hasilnya serendah itu. Padahal saya merasakan semua tanda2 hamil. Sekarang kami menggunakan penguat tapi ngga yakin krn browsing2 ngga blom nemu yg survive dengan beta hcg serendah ini.
setelah menunggu seminggu BHCG 3746 kami merangkak naik dan saatnya USG ternyata tid…