Langsung ke konten utama

IVF (in Vitro fertilization) aka Bayi Tabung

Sejak 3 tahun menikah saya sudah secara intensif ke dokter untuk menjalani program Hamil. Mulai dari obat-obat lalu dilanjutkan dengan IVF.
IVF #1 tahun 2013 (ICSI *satu sperma disuntikkan ke dalam satu sel telur agar terjadi pembuahan - HARAPAN KITA)
 dokter memberikan suntikan Menophur dihasilkan 6 telur dan ternyata hanya 1 embrio yg berhasil lolos dengan kualitas Moderate (pembelahan sel 7). hasilnya gagal.

IVF #2 tahun 2014 (ICSI-SILOAM HOSPITAL)

Dokter memberikan suntikan Gonal F dihasilkan 8 telur dan ternyata 3 embrio kualitas bagus (tidak dengan detail diinfokan pembelahan selnya pada saat itu.Setelah 2 minggu menunggu test BHCG menunjukkan 23.75 positif tp sangat rendah. Kami berdua down sekali krn ngga sangka hasilnya serendah itu. Padahal saya merasakan semua tanda2 hamil. Sekarang kami menggunakan penguat tapi ngga yakin krn browsing2 ngga blom nemu yg survive dengan beta hcg serendah ini.
setelah menunggu seminggu BHCG 3746 kami merangkak naik dan saatnya USG ternyata tidak ditemukan kantong janin dan didiagnosis KET. Saya putar-putar cari rumah sakit ke RS Harapan Kita krn disana yg peralatan USGnya kami tahu lebih mumpuni dan memang dulu kami bayi tabung kan disana. Sama diagnosis KET. telepon dokter yg menangani bayi tabung kami di surabaya untuk USG. dan hari itu saya flek tapi pas lihat BHCG malah semakin kuat 10000. Hari itu juga saya terbang ke surabaya. besoknya USG dan langsung operasi Laparoskopi by dokter Ashon (team dr dokter aucky).
Masih teringat kenangan pas selesai operasi saat pertama kali sadar suami saya mengintip dari kaca ruang operasi. dia pamitan untuk kembali kerja di jakarta. Dari matanya saya tahu dia sangat merasa bersalah harus meninggalkan saya. Tapi saya cuman berbisik dari jauh sambil bilang hati-hati dijalan dan ada mama disini yg menjaga saya.

IVF #3 tahun 2016 (ICSI+ IMSI)

Dokter memberikan suntikan Pregoveris dengan harga yg sangat-sangat lumayan mahal dibandingkan Gonal dan Menophur.
Hari ke 2 haid - suntikan pregoveris 300 IU hasil pengecekan setelah 4 kali suntik menghasilkan telur dengan perkiraan 18 pcs dengan diameter (9 - 11 mm)
lalu dilanjutkan suntikan pregoveris 300 IU +cetrotide 4 kali suntik, hasil perkiraan 18 pcs dengan diameter 14-19 mm)

Setelah pengecekan suntikan tambahan yg diberikan adalah pregnyl lalu besoknya libur di suntik untuk di hari berikutnya menjalani OPU.
 Ovum pick up di setiap klinik fertility berbeda metode untuk di Bunda ovum pick up di bius total jadi ngga berasa apa-apa tapi setelahnya mayan di hari ke 3 masih nyeri jd saya masih menggunakan obat pereda nyeri sampai hari ke3. Dulu jamannya di Siloam surabaya OPU ngga pake bius total cuman obat yg dimasukin di dubur sebelum tindakan rasanya nyer-nyeran tapi masih kehandle sih heehe meskipun cenat senut.
pada saat pelaksanaan OPU saat yg sama sperma suami juga dikeluarkan 
Hasil dari OPU : 13 Oocyte 1 immature 1 abn  --> dari hasil tersebut 11 sel telur di IMSI (ahli embriologi melihat sperma lebih detail, yakni lewat pembesaran 6.000 kali)
Hasil di H+3 after OPU : 5 sel yg mengalami pembelahan sel menjadi 8  kategori good dan salah satunya excellent. karena cukup banyak sel telurnya maka embriolog menyarankan untuk menunggu perubahan menjadi blastocyst di H5.
Hasil di H+5 after OPU : dari 5 sel yang membelah hanya bisa menjadi Early blastocyst 1 grade good dan 1 moderate. Untuk regulasi di BIC hanya grade good yg sebenarnya boleh dimasukkan tapi kami sangat berharap akan keberhasilan sehingga kami meminta keduanya dimasukkan. Karena bagaimanapun kami butuh kesempatan yg lebih lagi.
Embrio transferpun dimulai setelah kami menandatangani surat-surat dan oh ya saya terlambat minum hehe jadi pada saat dipanggil saya br start minum hehehe... bawa aqua botol 1,5 liter langsung di gelongggong bikin enek dan mau mual. jangan di contoh.. jadi misalkan schedule km jam 9 ET sebaiknya jam 9 kurang 15 menit udah siap minum banyak jadi pas banged timingnyaaa. jangan kelamaan juga nanti perut sakit nahan pipis. nahan pipis terlalu berat mengakibatkan ngga konsen saat embrio dimasukkan hehe,

and now the hardest part

2 week wait... 

Komentar

  1. semoga lancar dan diberikan yg terbaik mba Ghe,aamiin

    BalasHapus
  2. haii fadhil makasii.hahaha aku jadi tau kamu blogger sejati hahahaaha aku malah br mulai. ajarin yaak

    BalasHapus
  3. wkwkw baru mulai apa mba, bukannya mba Ghe dah punya blog wordpress sejak 2007 yak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih tepatnya baru inget lagi klo punya blog sering lupanya hahaha

      Hapus
  4. Waktu bhcg rendah kmudian meningkat... Apa aja yg dirasain mbak...?kbtulan bhcg q juga rendah cuma 25,9 hari ke 10 pasca et,,,2 hari kemudian jd 57,9..nah skrg lagi tunggu usg pertama kalinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dirasakan sama persis kaya hamil uda mba sering muntah.. tapi sindrom kaya gini kan beda2 tiap orang. Mudah2an aman ya mbaa sampai melahirkan. semoga detak jantungnya terdeteksi saat usg pertama

      Hapus
  5. Hi bun salam kenal,

    Aku abis 2ww n hasil bhcg 19.2 hiks2..

    Mau tanya donk bun..wkt bhcg dr 23 ke 3000an n 10000..itu klanjutannya gmn bun?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbandingan Biaya Klinik Bayi Tabung IVF RS Bunda vs RS Ferina

Sebagai seseorang yang berpengalaman dalam kegagalan program IVF (kaya bangga yaa aslinya T_T). Saya diminta review Biaya  perbandingan Biaya Klinik antara RS Bunda vs Ferina yang sebenarnya ngga apple to apple karena Bunda program saya lakukan di 2016 sementara ferina dilakukan di 2017.
Ada perbedaan biaya yang lumayan yaa sebesar 8 juta 165 rb rupiah lebih murah Ferina padahal bayi tabung di Ferina baru aja dilakukan, ngga kebayang biaya bayi tabung di jakarta Bunda Morula berapa yaa sekarang.
di Ferina ngga ada yg namanya booking fee program, dan untuk biaya suntikan tergantng dosis yg diberikan oleh dokter. Kondisi kesehatan dan umur mempengaruhi dosis yg diberikan untuk suntikan. Suntikan yg biasa digunakan adalah : menophur, gonal, pregoveris.
keefektifannya cenderung sama pemirsa tidak ada yg menjamin 100% keberhasilan semua tergantung kualitas embrio.

Decoupage teknik.

Dear all kali ini akan kita mulai dengan teknik kreasi baru membuat decoupage yang dijamin mudah banged cara bikinnya.  (Ket gambar: cat decoupage, varnish, lem, kuas buat ngecat dan buat ngelem & pernis)
Yang dibutuhkan: 1. Lem decoupage cth: mod podge 2. Kertas/tisu yg mau di decoupage. Tricknya biar lebih murah meriah bisa ambil ilustrasi dari majalah atau download dr internet kemudian di print laser. Kertasnya sih hvs aja. 3. Pernish dan cat (untuk cat kali bisa pilih yg backgroundnya sama kaya gambar untuk menghindari garis, jadi seolah-olah lukisan). 4. Media yang mau di decoupage. Bisa kaleng, botol, ataupun kayu.
Langkah-langkah pengerjaan : 1. Cat permukaan yg akan di decoupage.  2. Lem area yg akan di decoupage, apabila areanya luas, lem area yg mau ditempeli mulai dari ujung lem br tempel, lem lg tempel lg sampai gambar tertempel semua. 3. Setelah agak kering apply lem decoupage lagi di atas permukaan gambar. 4. Tunggu hingga benar-benar kering. Lalu apply varnish. 5. Kering varnis…