DIY curtain - membuat korden murah meriah

Dibikin buat yg penisirin caranya bikin koren murah meriah dan tetap sesuai selera anak muda (eciyeee Muda ni yeee ^0^) yang saat ini cenderung bergaya minimalis menggunakan motif geometric dan bahan kanvas. Seringkali di pasaran korden yg beredar dengan harga murah bahannya mengkilat dan satin-satin gitu yg enggak banged buat akuuh.


Pembuatan korden murahmeriah ini terinspirasi dari jalan-jalan ke Ikea trus melihat korden2 dr kain kanvas disana woles aja gitu pinggirannya hanya berbekal diobras tapi jadinya ok karena motif kain yg dipilihnya juga keren.
Berikut yaa DIY- tips pembuatannya :

1. Sediakan kain untuk korden- bisa menggunakan kain biasa yg ada di Toko kain atau kain Korden. Kain korden dan kain biasa (saya menggunakan Linen/ Kanvas) memiliki perbedaan lebar, kain korden lebarnya bisa sampai 3 meter sementara kain biasa lebarnya hanya 1,5 meter.
cara menentukan kain yang akan dibeli adalah lebar jendela x 2  
note :
untuk ukuran jendela yg lebarnya lebih dari 3  sebaiknyaa menggunakan tetap membeli kain Korden untuk menghindari sambungan kain.
2. obras keliling atau bisa jahit keliling tepinya (klo saya prefer obras krn ga begitu bisa rapi jahit tepi tanpa delujur.
3. Sisi nanti dijadikan bagian atas dilipat menyesuaikan dengan tinggi korden.
berikut contoh gambar korden yg on proses :

 4. Marking setiap 10 cm dr tepi untuk meletakkan ring seprti berikut ini (ring rapat dibeli di toko-toko menjahit)
*atau tanpa menggunakan ring juga kamu bisa koq, jahit saja berbentuk loop dr pita untuk sangkutan ring. 

 5. Sangkutkan di kaitan rel korden

 6. Voilaaaa... Berikut dibawah ini contoh korden yang sudah jadi. (Vitrasenya pakai vitrase bekas)


tips tambahan :
Rel kordennya saya juga menggunakan rel korden bekas yg di cat pylox loh ^0^ karena rel jaman dulu warnanya kuning emas dirubah ke minimalis.
Selamat mencoba ya ....





Komentar

Postingan Populer