ASI PERAH Apa aja yang perlu Ibu ketahui...

      Sudah sebulan ini masuk ke kantor lagi. kuintip stock ASIP (ASI Perahan) ku full 60 botol ukuran 100 ml. alhamdulilah padahal di awal2 bulan setelah kelahiran aliansyah 20 ml sehari saja kusudah sujud syukur. biasanya juga cuman buih-buih percikan yang kalo dikumpulin ngga sampai 10 ml.

Berbekal keinginan berbagi tips dengan sesama Ibu2 yg kudu memberikan ASIP ke Bayinya kuingin cerita disini. Ya meskipun ini blog juga sepi-sepi aja hahahaha..... 

Tips Memperbanyak hasil ASIP

1. Minimal 3 jam sekali sodorin tetek ke baby. Setelah mereka nyusu perah asi di susu sebelahnya, dengan sering mengosongkan Payudara produksi asi juga bertambah. wah Seharian isinya netekin donk... (demikianlah kira-kira ibu yg berjuang mengASI). Makanya ibu habis melahirkan sangat butuh support dari sekitarnya entah itu suami maupun nenek dan Kakek si Bayi. Jahitan sc belum pulih benar kita sudah harus mikirin ASI dan merawat bayi.

2. Saat berjauhan dari baby pemerahan dilakukan seperti periode menyusui bayi yaitu per 3 jam. Dan jika memungkinkan gunakan pompa double pump dan teknik power pump minimal sehari sekali. paling efektif diwaktu malam hari, tapi krn bayiku di malam hari aktif bgd nyusu sambil tiduran sampai dia umur 4,5 bulan ini belum pernah nih aku lakukan. paling sering kulakukan pagi hari.

Jadwal Pumping aku di kantor adalah di jam 7.30, jam 11.30, dan jam 2.30

 3. Booster Asi perlukah? di Awal jujur kubilang perlu... bisa pake sayur katuk bisa juga beli aja beli booster2 asi diluaran. Booster asi tiap orang berbeda tapi yang paling ngefek adalah bahagia. 

Tips memerah

1. Puting perlu di cuci ngga? 

    Tidak Perlu

2. Wadah dan pompa perlu disteril kah setiap habis dipakai ?

    Tidak Perlu, dalam sehari kucuma steril sekali saja. Caranya botol perahnya di masukkan di container tertutup trus dimasukkan kulkas. klo mo merah lagi ya tinggal ambil dari kulkas dan perah lagi. Tidak Perlu di lap-lap atau cuci, mana tau justru lap atau tisunya ga bersih.

Kalo sedang dalam perjalanan dan ga ada kulkas masukin alat perahnya ke coolerbox yang sudah ada icegelnya.

3. Tempat penyimpanan ASIP penangannya bagaimana?

Kupake wadah botol atau wadah plastik khusus ASI yg dijual di luar. Untuk wadah botol sebenernya cukup dicuci pakai air panas dan sabun. Namun krn punya alat steril aku sterilkan.

Jangan lupa memberi tanggal pemerahan Asi yaa supaya tahu klo sudah kadaluarsa untuk dibuang.

dalam satu wadah penyimpanan aku menyimpan maksimum 120 ml. 

 4. Tahan Berapa Lama ASIP disimpan ?

berikut tabelnya sudah lengkap dengan cara menyimpan ASIP yg benar.

 

Pembekuan dilakukan secara bertahap yaaa ngga langsung ke freezer tp di cooler (bukan Freezer).

5. Mencampurkan ASIP beda waktu pemerahan bisakah?

Bisa tapi suhunya harus disamakan. Jadi ASIP kedua juga didinginkan dulu baru disatukan dengan asip pertama.

Tips Pemberian ASIP

1. ASIP dari freezer di cairkan di cooler hingga mencair atau bisa juga direndam di air. Untuk pencairan asi biasanya di malam hari saya keluarkan asi dr freezer malam hari untuk kebutuhan esok hari. Jadi penurunan Suhunya bertahap tidak mendadak.

2. ASIP yg sudah mencair dihangatkan sesuaikan kekebutuhan yg akan diberikan ke Bayi. krn klo sisa setelah 2 jam kudu dibuang jd sayang.

3. Cara menghangatkan Asip dengan merendam di suhu tidak boleh lebih dari 40 derajat celcius. karena diatas sushu tersebut akan mematikan enzim2 dalam Asi.

dengan tips pemberian asi ini ga perlulah kita rasakan. karena takut asi basi. asalkan prosedurnya sudah benar. karena di awal aku sampe rasa2in tuh asi. ada rasa besi ada rasa muntah malah bikin kubingung. MAGIC WORDNYA "ASAL PROSEDUR BENAR" kita percaya dirilah...


sumber : a to Z Asi & Menyusui, Kumparan, Asikubanyak Instagram

                                                                                                 

Komentar

Postingan Populer