Memantau Tumbuh Kembang Anak BALITA masa kini

Sebagai seorang Bunda bekerja yang ngga bisa 24 jam bersama buah hati. Kita harus punya usaha lebih untuk tetap sebaik mungkin memantau Tumbuh kembang (tumbang). Meskipun selalu aku kembalikan lagi ke diriku sesanggup aku bisa memantau sebaik yg aku bisa lakukan. Biar rileks juga aku menjalaninya :)

Pemantauan tumbuh kembang ini berguna sekali karena semakin dini dideteksi bakal bisa segera ditindak lanjuti.

Stimulasi demi stimulasi terlewati alhamdulilah di usia 9 Bulan Aliansyah berprogress. Kalaupun butuh stimulasi yang lama dan aku ga bisa penuhi setiap hari aku biasanya mencontohkan ke mbak Sus. selepas bekerja kutanyakan hasilnya sudah ada perkembangan seperti apa.

Nah untuk tips stimulasinya dan cara pantaunya aku mau berbagi buat para Bunda nih :

1. Stimulasi Video yotube pathway atau teman bumil dan milestone tumbuh kembang Aliansyah aku pakai reference di https://pathways.org tersedia dari usia 0-3 bulang hingga 4 tahun.

2. Check list  tumbuh kembang yang kita perlu pantau Ages & Stages Questionnaire (ASQ) di https://www.justonenorfolk.nhs.uk/our-services/ages-stages-questionnaire-asq


3. Untuk pantauan kesehatan aku memakai standard yg Berat badan, Lingkar kepala, dan Tinggibadan yg ada di buku imunisasi Aliansyah. sudah ada ya bu ibu cara mudahnya pake aplikasi Primaku.

oh ya Aplikasi Primaku ini setelah kulihat lagi wk wk wk telaaat taunya sesungguhnya sudah lengkap juga ada milestone yang dituju berikut stimulasi singkatnya dan yg terpenting berbahasa Indonesia.ini nih Ini capturean dari aplikasi Primaku :




Komentar

Postingan Populer