Proses IVF atau Bayi Tabung

Anaku adalah anak hasil program Bayi Tabung (IVF) yang berhasil meskipun setelah 5 kali IVF. Saking berkali-kalinya program aku sukses terkenal di kalangan temenku sendiri, temennya temenku, sodaranya temenku, anaknya sodaraku, anaknya temen ibuku dan ibu2 ruang tunggu klinik kesuburan. 😂 Gils dah Famous aku tuh....

karena kami yg senasib sependeritaan memang seringkali berkumpul bersama dan mengerti apa yang dialui ibu pejuang garis dua yang lain.

Oleh sebab banyaknya pertanyaan mengenai IVF process. Aku akan menceritakan kembali. klo pake gambar gini mungkin jadi kebayang yaa...

1. Screening adalah konsul pertama dengan dokter. Dia akan menyaratkan test darah untuk pengecekan. Akan sangat memudahkan HSG dan Sperma test sudah kita bawa hasil testnya. Untuk Laparoskopi dan papsmear biasanya hanya tambahan jika diperlukan.

2. Sel telur ibu akan dirangsang menggunakan obat injeksi dan akan dilakukan respon obat thd sel telurnya saat USG (dokter akan menjadwakan proses pengecekannya)

3. Setelah sel telur Matang akan disunti HCG untuk mencegah ovulasi

4. OPU atau diseut ovum pickup. Proses memanen sel Telur biasanya menggunakan bius total dan processnya di ruang operasi. disini ada alat usg yg menyorot ke arah sel telur dan ada jarum yg menyedotnya. semua sel telur yg dipanen akan dicek kualitasnya. 

Di hari yang sama saat Ibu dipanen sel telurnya. Ayah akan diminta mengeluarkan sperma. 

Setelah proces opu di hari yang sama akan langsung ditanya suster apakah embrio akan di PGS? karena process PGS tidak bisa dilakukan terlalu lama harus segera. jika terlambat tidak bisa dilakukan.

Selama Process bertemunya sel telur dan Sperma semua dilakukan di Lab oleh para embriolog. tentunya ada beberapa cara. Ada yang langsung disuntikkan ke sel telur, ada yg secara alami di tabung dilihat pergerakan sperm ke sel telur, semua tergantung kondisi spermanya.

4. PGS Pemeriksaan Genetik Praimplantasi- ini adalah optional tapi aku cenderung menyarankan meskipun biayanya lumayan yaaa.. untuk rincian biaya PGS ada di postingan cerita ivf 5 kali lengkap dengan rincian biaya keseluruhan program.

Embrio yg terbentuk akan dibiopsi diambil selnya untuk di cek kromosomnya. Info hasil testnya akan diberikan via email.

disaat Embrio dilakukan pengecekan disisi lain Ibu akan dipersiapkan rahimnya dengan suntikan dan obat2an. Penyiapan rahim waktunya tergantung kondisi ibu. di penang untuk frozen embrio transfer membutuhkan waktu yg cukup lama.

5. Tiba waktunya jadwal Embrio Transfer kita diminta minum air sangat buanyak agar saat di usg jernih dan dokter bisa menempatkan embrio dengan baik. dan setelah itu kita akan pipis sangaaaaaat buanyak dan boleh jongkok yaaa embrio bukan sesuatu yg mudah meluncur keluar seperti yg kita bayangkan. aktifitas dilakukan normal seperti ibu hamil pada umumnya. Tunggu pengecekan BHCG 2 minggu setelahnya. Berdoa dan pasrahkan

    Dengan tulus aku selalu mendoakan semoga kehamilan yang ibu2 seperjuangan harapkan bisa terwujud dan diberikan kelancaran selalu saat kehamilan nanti. Jikapun kita belum terpilih tetap optimis ada banyak hal yang bisa kita lakukan meskipun belum dikaruniai anak.





Komentar

Postingan Populer