KOREA kami Dataaaang Day#1

Korea selatan ini adalah termasuk negara yang kita idam-idamkan untuk didatangi karena dari sudah sejak bertahun-tahun kita nikmatin drama koreanya akhirnya datang saatnya kita membuktikan pria dan wanitanya sekece ituuu. Selain itu uda di rekomend banged ama temen2 kantor yg sudah kesana katanyaa kotanya kece bersih dan warganya ramah. Akhirnya berbekal meeting yang kita rencanakan berbulan-bulan sebelumnya yg ternyata percuma meeting2nya krn itinerary jadi H-1 keberangkatan :p.

Ada beberapa hal yang perlu jadi catatan yaaa:
1. Selalu cek Cuaca aku biasanya via https://www.accuweather.com
2.Bawa Beras
Tadinya kita ngga ada niatan bawa beras krn dengan pede berencana makan 3 kali sehari diluaran tapi alhamdulilaaaaah wa syukurilah krn aku memutuskan mewajibkan masing-masing bawa beras 500 gram yg alhamdulilah Ludes sampai tetes terakhir, karena makan di Korea biayanya cukup mahal per orang bisa habis 150k jadi keputusan yg bijak bawa nasi, abon, pecel, ikan Bilis goreng dan of course Indomie Seleraku.
3. Orang Korea kurang bagus Bahasa Inggrisnya
Jadi saat berbelanja atau menawar lebih baik gunakan kalkulator supaya clear. Pada saat disana aku padahal isi kartu T money 5k won namun diisi 50k won karena mereka ga tau bedanya (five thousand and fifty thousand) sialnya lagi aku coba uangkan lagi gak bisa pdhal dipetunjuknya harusnya bisa dibalikin minimal menyisakan saldon 20k. Apes..
4. Map pakai Kakao Map krn google map ga update
Nah yg ini kadang kesulitan bangeed T_T krn google map itu tiba2 ga akurat di korea wilayah yg harusnya dekat jadi kaya jauuuh bgd apalagi waktu kami di jeju hahahaha....jadi janganlah lupa install kakao map dulu yaaa
5. Untuk perjalanan via subway/bus jangan lupa install Kakao Metro
biaya dan lama waktunya oke banged buat panduan perjalanan kalian. Tapi perlu diingat kalian harus pelajari terlebih dahulu kalian berencana turun di stasiun mana.
6. Cari penginapan yg deket stasiun subway atau Bus yaaa WAJIB
7. Toko di Korea beda banged sama Jepang yg sebagian besar satu tempat dengan tempat lainnya tidak jauh beda harganya. di Korea satu toko dengan toko lainnya harganya berbeda. So Becarefull atau tiba2 uang saku kamu jd habis seketika :))

Baiklah langsung aja yaaa
Kami kesemuanya ke Korea berdelapan (aku, suami, temen2 kantor dan mama papaku). Pesawat kami mendarat pukul 9 pagi waktu Korea lalu ada sekitar 1 jam kami mengantri untuk imigrasi dan taklupa sebelum pulang kami membeli Tmoney dulu di convenience Store CU (ada banyak dimana-mana bandara maupun jalanan deket stasiun.

Itinerary kami di Day 1 adalah ke Namdaemun
setelah drop koper2 di apartemen kami meluncur ke subway  dari Stasiun Gajwa yg lokasinya memang gak jauh dari situ. Kami turun di stasiun Hoehyeon exit 5. keluar langsung belok kanan aja jalan lururs lalu mungkin kalian bisa tanyakan ke Tourist information gedung Orange yg ada di namdaemun yg menjual Souvenir, sekalian minta Map Belanja di Myeongdong. Belanjalah di Gedung tersebut krn harganya relatif murah dari yg dipinggiran Namdaemun. Daaan sembari jalan menuju belanja2 sovenir kita gak lupa mengisi perut dengan Street Food Korea : Topokki, Oden, Egg bread dll

contekan belanjaan kami di Namdaemun :

selain ini di luaran juga ada Kaos I Love Korea dijual 11k Won per 3 ea. pdahal di tempat lain dijual per ea 10k. T_T
untuk dompet-dompet bervariasi harganya mulai dar 3k won sampai ke 10k won.
tapi jika kalian ingin souvenir yang ga biasa aku sarankan beli di DAISO (aku akan ulas barang-barang daisoo yaa khusus nantiii)

Setelah lelah di Namdaemun kami beranjak ke Myeongdong masuk lagi ke Stasiun kereta dari Hoehyeon ke Myeongdong exit 6 deket uniqlo (by the way aku pipis beberapa kali di uniqlo lantai paling atas ^,^ kali aja kalian beser kaya aku.
di Myeongdong kita mondar-mandir masuk ke Olive Young, Aritaum, dan muter-muter nyari Aland belum ketemu mungkin krn lelah. jd di myeongdng juga kita kurang banyak search dan ga terlalu beli apa-apa kecuali titipan ke counter2 Etude, Laneign, Nature republic yg bertebaraaaan bgd dimana-mana.
 in the end di hari ke 6 nantinya kami tahu ternyata selain tempat tersebut ternyata ada toko yg kurang terkenal tapi malah murah :)) namanya  Baviphat Shop. Kalo kalian ke myeongdong berkunjunglah kesini dulu yaaaa... krn kalo ngga nyeseeeel.

lokasi tempat belanja COSRX yg paling lengkap
ini yang murah dan bikin tercengang :))